FAQ

Berikut ini adalah daftar pertanyaan dan jawaban untuk hal-hal yang sering ditanyakan mengenai layanan kami. Jika Anda masih memiliki pertanyaan lain namun tidak tertera di bawah ini, anda dapat menghubungi kami di sini. ⇒ [HUBUNGI KAMI]

imb_faq1

Q1: Layanan apa yang disediakan melalui Gakken P2KB? 
Gakken P2KB menyediakan materi pembelajaran berupa video, teks, serta test untuk sertifikasi pembaharuan lisensi dokter dan dokter gigi.

Q2: Bisakah saya mengakses hanya 1 konten yang sesuai kebutuhan saya? 
Pengguna harus mendaftar untuk layanan selama 365 hari yang terdiri dari 12 konten. Jika Pengguna tidak mendaftar untuk layanan penuh, Pengguna tidak bisa mengakses Konten satuan.

Q3: Apakah anda menyediakan sesi trial sebelum membeli layanan penuh? 
Ya. Tersedia Konten Trial yang bisa diakses tanpa keanggotaan.

Q4: Bolehkah saya mengunduh konten ke perangkat saya?  
Anda tidak bisa mengunduh konten video, untuk menghindari pelanggaran hak cipta atas konten video, namun anda dapat mengunduh konten teks yang disediakan.

Q5: Apa yang saya dapatkan selain layanan P2KB jika saya melakukan pendaftaran?   
Pengguna dapat mengakses informasi kesehatan terkini, dan jurnal ilmiah di samping Konten P2KB.

imb_faq2

Q1: Perangkat keras apa yang mendukung/sesuai dengan layanan ini?
Anda dapat mengakses layanan eLearning kami menggunakan PC atau Laptop. Namun untuk tujuan pendaftaran Anda dapat menggunakan berbagai perangkat (PC, Laptop, Android Smartphone, iPad, iPhone, Windows Phone, dll) dengan browser memenuhi persyaratan minimum.

Q2: Bisakah saya mengakses layanan melalui Mac? 
Ya, anda dapat mengakses layanan kami menggunakan perangkat Mac. Pastikan Mac anda memenuhi standar minimum pemakaian seperti OS MAC X 10.4.9, Apple Safari 6, dan Adobe Flash Player.

Q3: Apa sajakah persyaratan perangkat lunak yang harus dimiliki untuk mengakses layanan? 
– Web Browser (versi minimal Google Chrome 30.0, Mozilla Firefox 25.0, Apple Safari 6, Microsoft Internet Explorer 9)
– Pengaturan tambahan pada Web Browser anda seperti Cookies, Pop-ups, dan Javascript harus diaktifkan (atau menambahkan Gakken ke dalam Exception List)
– Adobe Flash Player untuk mengakses konten video
– Adobe Acrobat Reader (atau perangkat lunak yang serupa) untuk membaca artikel di beberapa sumber
– Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint) atau perangkat lunak dokumen serupa (Open Office, Libre Office, Viewer, etc) untuk membuka dokumen

Q4: Bisakah saya mengakses layanan melalui firewall? 
Anda seharusnya tetap dapat menggunakan layanan kami melalui Firewall (Reverse Proxy/NAT). Namum beberapa Firewall di suatu perusahaan mempunyai tingkat keamanan yang tinggi sehingga memungkinkan anda tidak dapat mengakses layanan kami. Mengenai hal ini, anda dapat menanyakan kepada staf IT perusahaan anda untuk membuat pengecualian untuk domain kami (Gakken).

Q5: Bisakah saya mengakses layanan menggunakan tablet, iPhone, iPad, dan Smartphone Android? 
Ya, anda bisa mengakses layanan kami menggunakan Smartphone, iPhone, iPad, Windows Phone, dan juga perangkat mobile lainnya kecuali layanan pemutaran Video on-demand. Sampai saat ini kami masih mengembangkan aplikasi untuk layanan tersebut, tetapi anda juga dapat menggunakan aplikasi dari pihak ketiga untuk memutar layanan Video on-demand tersebut. Silakan menghubungi kami untuk panduan lebih lanjut mengenai hal ini.

Q6: Apa sajakah persyaratan perangkat keras yang harus dimiliki untuk mengakses layanan? 
– Koneksi Internet (minimal 512kb)
– Prosesor Intel Pentium IV 3.0 Ghz atau yang lebih baik (untuk Windows), PowerPC G4 atau Intel (untuk MAC)
– Sistem Operasi Windows XP SP3, Windows Vista SP2, Windows 7, Windows 8, Windows 10, MAC X 10.4.9, semua Distro Linux dengan GUI
– Memori RAM minimal 2 GB
– Ruang kosong sebesar 100 MB pada hard disk anda (untuk Web Cache)
– Sound Card dan Speaker untuk layanan Konten Video yang optimal
– Monitor/layar dengan kerapatan 1024 x 728 piksel minimal
– Mouse dan keyboard

 imb_faq3

Q1: Kapankah terhitung mulainya layanan dan sampai kapan? 
Anda dapat menggunakan layanan setelah Log-In pertama ke Situs P2KB. Jika anda tidak Log-In seminggu sejak Gakken mengirim Email Aktivasi, maka layanan terhitung dimulai 1 (satu) hari sejak seminggu dikirimkannya Email Aktivasi tersebut. Layanan dapat anda gunakan selama 365 hari.

Q2: Apa persyaratan untuk mendaftar layanan? 
Anda harus merupakan anggota IDI (untuk Dokter) atau PDGI (untuk Dokter Gigi) dengan mencantumkan Nomor Keanggotaan IDI/PDGI anda.

Q3: Berapa lamakah yang dibutuhkan untuk mulai menggunakan layanan setelah pembelian? 
Jika anda membeli menggunakan Kartu Kredit, anda akan dapat langsung menggunakan layanan. Jika anda membeli melalui Transfer Bank, anda harus menunggu email verifikasi untuk mencocokkan pembelian anda terlebih dahulu.

Q4: Bisakah saya melakukan pembatalan atas pendaftaran saya? 
Pembatalan sebelum melakukan pembayaran dianggap tidak melakukan pendaftaran. Pembatalan setelah melakukan pembayaran tidak dapat dilakukan, dalam arti tidak ada pengembalian uang atas pembelian yang dibatalkan.

Q5: Apa saja jenis metode pembayaran yang tersedia? 
Anda dapat melakukan pembayaran dengan beberapa macam metode pembayaran seperti Transfer Bank, Kartu Kredit, dan Kartu Debit (Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI)

Q6: Apa kebijakan perusahaan anda dalam hal pengembalian uang (refund)
Kami memiliki kebijakan dalam hal pengembalian uang (refund) karena alasan tertentu yang memungkinkan untuk dikembalikan.

Q7: Apa yang terjadi jika saya membayar dengan jumlah yang salah? 
Kami memiliki kebijakan dalam hal pengembalian uang (refund). Silakan langsung menghubungi kami jika terjadi kesalahan jumlah dalam pembayaran.

Q8: Apakah anda mempunyai batas waktu pembayaran sejak pendaftaran?
Tidak ada batasan waktu yang diberikan untuk membayar sejak pendaftaran.

Q9: Apakah anda mempunyai batas waktu pembayaran sejak pembelian?
Untuk pembelian melalui Bank Transfer, kami memiliki kebijakan batas waktu pembayaran selama 1 x 24 jam.

Q10: Apakah ada layanan lain yang saya dapatkan dengan menjadi anggota? 
Anda dapat mengakses berbagai macam informasi terkait topik-topik pembelajaran pada layanan. Dengan menjadi anggota, anda juga dapat membeli topik-topik tambahan lain yang tersedia (backnumber)

Q11: Apakah anda menyediakan invoice yang bisa dicetak? 
Ya. Link untuk mencetak invoice pembelian anda tersedia pada halaman akun anda di website kami.

Q12: Berapa banyak poin SKP yang dapat saya peroleh dari layanan ini?
Dengan melulusi setiap tes dari topik-topik yang tersedia, Anda dapat memperoleh total 24 poin SKP dari paket yang anda beli

Q13: Bisakah saya memperoleh nilai SKP yang lebih diluar dari paket yang saya beli?
Ya, anda bisa memperolehnya dengan membeli dan melulusi topik tambahan dari bulan-bulan sebelumnya (tersedia sebagai backnumber)

imb_faq4

Q1: Saya lupa ID Pengguna dan/atau Password saya. Apa yang harus saya lakukan?
Anda dapat menggunakan fitur Lupa Password yang terdapat pada halaman login untuk mendapatkan kembali ID Pengguna ataupun Password anda. Selain itu itu anda juga dapat menghubungi Customer Service kami untuk me-reset password anda.

Q2: Saya tidak bisa mengakses akun saya. Apa yang harus saya lakukan?
Pastikan anda telah mengetikkan ID dan Password anda dengan benar. Pastikan juga akun anda masih aktif (365 hari). Jika akses ke akun anda masih bermasalah silakan menghubungi kami.

Q3: Saya tidak bisa melihat gambar konten video? Apa yang harus saya lakukan?
Pastikan Flash Player sudah ter-install pada PC/Laptop anda. Pastikan Javascript, Cookies, dan Pop-up Web Browser anda diaktifkan untuk layanan kami. Pastikan juga anda telah menggunakan Web Browser dengan versi minimal yang disebutkan di atas.

Q4: Mengapa saya tidak bisa membuka halaman Log In? 
Pastikan koneksi Internet anda sudah terhubung dengan baik. Pastikan juga anda telah menggunakan Web Browser dengan versi minimal yang dibutuhkan. Anda juga dapat menghubungi kami melalui Email atau telepon ke Customer Service kami.

Q5: Saya tidak mendapatkan email konfirmasi/aktivasi dari Gakken. Apa yang harus saya lakukan? 
Anda harus menunggu setidaknya 1 hari kerja (1 x 24 jam kerja) untuk menerima email konfirmasi dari kami. Jika masih belum menerima juga, segera hubungi Customer Service kami.

Q6: Saya tidak bisa mendengar materi konten. Apa yang harus saya lakukan? 
Pastikan anda telah mengatur preferensi Audio perangkat anda dengan baik (cek volume suara, cek kondisi speaker/headphone yaang anda gunakan, dan lain-lain). Pastikan juga Flash Player sudah ter-install di PC/Laptop anda.

Q7: Berapa nomor telepon Customer Service Gakken?  
Nomor Customer Service kami adalah 0800-1-401652 (bebas biaya)

Q8: Koneksi Internet saya terputus sementara saya sedang mengikuti test. Masih bisakah saya melanjutkan test saya tadi?
Ya, anda masih bisa melanjutkan test yang sedang anda ikuti meskipun koneksi internet anda sempat terputus. Soal-soal yang sudah anda jawab sebelumnya masih tersimpan selama anda belum men-Submit semua jawaban anda.

Q9: Saya ingin merubah jawaban saya pada soal-soal sebelumnya. Bagaimana cara saya melakukannya?
Anda selalu dapat berpindah-pindah ke soal selanjutnya atau soal sebelumnya, selama anda belum men-Submit semua jawaban anda.

Q10: Saya dinyatakan gagal setelah mengikuti test sebuah konten. Bisakah saya mengulangi testnya kembali? Jika bisa, berapa kali saya bisa mengulanginya?
Jika anda dinyatakan gagal test anda dapat mengulangi test tersebut berkali-kali sesuka anda (tanpa batasan pengulangan) selama akun anda masih aktif (tidak lebih dari 365 hari sejak akun anda aktif).


© 2017 PT. Gakken Health and Education Indonesia. All rights reserved.
Kompleks Ruko Ratulangi
Jl. Dr. Sam Ratulangi, No. 7/C9
Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia